KPU Tungsura Menjadi Klimaks Pelaksanaan Pemilu

gambar

MAMUJU -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Barat menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemungutan, Penghitungan Suara dan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara serta Penggunaan Sirekap Pemilihan Serentak tahun 2020. Lima Komisioner KPU Sulbar memberikan arahan dalam Bimtek yang berlangsung di Grand Maleo Mamuju, Senin, (16/11/2020).

Ketua KPU Sulbar Rustang menyampaikan, Bimtek tersebut sangat penting, terutama karena subtansinya. Menurutnya, Pemungutan dan Penghitungan Suara (Tungsura) adalah jantung pelaksanaan pemilu, ini sesungguhnya klimaks kegiatan pemilu.

"Hari demi hari ditunggu (Tungsura), hari-hari yang dinanti, ya hari pungut hitung itu. Yang lebih ditunggu lagi hasilnya. Hampir di setiap pemilihan maupun pemilu, yang menjadi sasaran penglihatan setiap orang dari seluruh stakeholder adalah tungsura itu," kata Rustang dalam sambutannya, Senin (16/11).

Ia menyampaikan, ada beberapa hal yang perlu dijadikan stressing pada saat kegiatan Bimtek. Mempertajam semua divisi dan seluruh bagian. Maka dalam kegiatan tersebut, KPU melibatkan seluruh anggota KPU di kabupaten. Karena kata dia, Tungsura tidak berdiri sendiri. Di dalamnya berkaitan DPT dan lain-lain.

"Kita berharap empat kabupaten yang akan berpilkada di Sulbar zero PSU. Dan itu sangat ditentukan kematangan dan kemantapan kita terhadap Tungsura. Bimtek berjenjang bagi tujuh petugas KPPS sangat penting dilakukan, bagaimana pemahaman tupoksi masing-masing," jelasnya.

Ia juga mengungkapkan, dalam pilkada tahun 2020 ada penyederhanaan formulir. Ia berharap dengan sistem yang komprehensif pelaksanaan tungsura sebagai inti utama dari kegiatan bimtek, bisa terlaksana dengan baik.

"Khusus untuk logistik misalnya, logistik tepat jumlah, tepat sasaran, tepat waktu, tepat jenis dan tepat mutu. 5T ini menjadi perhatian utama di logistik. Karena begitu datang pemilih, karena tidak cukup jumlahnya, itu menjadi potensi untuk dipermasalahkan. Jadi nanti kan ada 'time schedule' dimanfaatkan dengan baik," ungkapnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan terkait logitik, jenis logistik apa yang on proses, apa yang belum, apa yang belum sampai. "Bahkan sudah ada jadwal lipat sortir besok, lebih cepat lebih baik. Tapi hati-hati dengan jumlah," tutupnya. 

Dalam acara tersebut, hadir pula Kepala Sekretariat KPU Sulbar Dr. Bakhtiar, Kabag, serta komisioner kabupaten dan staf teknis sekretariat empat KPU kabupaten di Sulbar.

Posting oleh Administrator Pada Tanggal 16-Nov-2020