Selamat Datang Di Situs Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Barat

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Barat

Selasa 27 September 2016

Berita

JENIS FORMULIR PENCALONAN PILGUB SULBAR 2017

E-mail Print PDF

Dokumen Syarat Calon & Pencalonan Pilgub Sulbar 2017 by Anonymous O322QWux on Scribd

 

Last Updated ( Rabu, 14 September 2016 02:57 )
 

PENGUMUMAN

E-mail Print PDF

Last Updated ( Rabu, 14 September 2016 00:44 )
 

SOSIALISASI PENCALONAN PILGUB SULBAR 2017

E-mail Print PDF

Sebelum memasuki tahapan pencalonan dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Barat 2017, Komisi Pemilihan Umum Sulawesi Barat mengadakan sosialisasi pencalonan. Sasaran sosialisasi adalah stakeholder pemilu. Kegiatan sosialisasi berlangsung di Aula Kantor KPU Sulbar pada tanggal 9 September 2016.

Selain partai politik, lembaga yang turut diundang dalam kegiatan sosialisasi adalah : Bawaslu Sulbar, KPID Sulbar, KIP Sulbar, Ombudsman Sulbar, Polda Sulbar, Kesbangpol & Linmas Pemprov Sulbar, Kanwil Kemenag Sulbar, Kadis Kesehatan Pemprov Sulbar, Dandim 1418 Mamuju, BIN Sulbar, Kadis Pendidikan Pemprov Sulbar, Perguruan Tinggi di Mamuju, BNN Sulbar, Perwakilan IDI Sulbar, Organisasi Disabilitas, dan LSM.

Dalam kegiatan yang dibuka sekaligus dipandu oleh Ketua KPU Sulbar, Usman Suhuriah, terjadi diskusi yang mengupas persoalan seputar pencalonan dan regulasi yang melandasinya. Ada beberapa poin dalam PKPU soal pencalonan yang menjadi bahan diskusi. Secara bergantian, komisioner KPU Sulbar dan Bawaslu Sulbar, yang juga bertindak sebagai nara sumber,  memberikan penjelasan terhadap para penanya.

Dalam sosialisasi ini, IDI Sulbar menyikapi proses pemeriksaan kesehatan pasangan calon yang selain melibatkan BNN, juga melibatkan HIMPSI (Himpunan Psikologi Indonesia) dari aspek psikologinya.  Perlu dibuat satu kesepakatan tentang ini. (shw)

Last Updated ( Senin, 12 September 2016 03:33 )
 

Peresmian Media Center KPU Sulbar

E-mail Print PDF

Sejatinya Media Center KPU Sulbar sudah ada sejak KPU Sulbar dibentuk. Namun, sejak dilakukannya pengoptimalan peran dan fungsi media center, Media Center KPU Sulbar dianggap lahir kembali. Untuk menandai hal itu, perlu dilakukan peresmian.

Serangkaian dengan kegiatan launching Pilgub Sulbar 2017, KPU Sulbar meminta kesediaan komisioner KPU RI, Hadar Nafis Gumay, untuk meresmikan Media Center KPU Sulbar. Peresmian dilaksanakan pada tanggal 4 September 2016 bertempat di Media Center KPU Sulbar. Peresmian ditandai dengan penandatanganan piagam peresmian oleh Hadar. Turut hadir dalam peresmian, anggota DKPP RI, Anna Erliyana. Insan pers di Sulbar turut pula mengabadikan peresmian ini.

Hadar mensyukuri, bahwa jajaran KPU di daerah, makin hari makin lengkap fasilitasnya. Semuanya ditujukan bagi pelayanan pada masyarakat, utamanya soal informasi kepemiluan. Kedepannya, Media Center KPU Sulbar diharapkan mampu menjadi sumber informasi yang memadai bagi masyarakat, terutama masyarakat Sulbar. (shw/ibr)

Last Updated ( Selasa, 06 September 2016 02:08 )
 

Rakoord Terpadu KPU & Bawaslu Sulbar

E-mail Print PDF

Untuk memeriahkan dan memantapkan launching Pilgub Sulbar 2017, dan juga untuk menyatukan visi penyelenggara pemilu, KPU Sulbar menggelar Rapat Koordinasi Terpadu Jajaran KPU & BAWASLU  Provinsi Sulawesi Barat dalam rangka Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Barat 2017.

Rakoord yang dilaksanakan pada tanggal 3-4 September 2016 di ballroom hotel d’Maleo Mamuju, dibuka oleh komisioner KPU RI, Hadar Nafis Gumay. Turut hadir dan menjadi pembicara dalam kegiatan tersebut adalah Ketua Bawaslu RI, Muhammad, dan anggota DKPP RI, Anna Erliyana. Peserta rakoord mencapai 700-an orang, berasal dari penyelenggara ad-hock tingkat kecamatan dan komisioner KPU Kabupaten se-Sulbar.

Dalam kata sambutannya, Hadar mengingatkan betapa pentingnya penyelenggara pemilu memahami aturan atau regulasi. Hal ini untuk meminimalisir pelanggaran yang terjadi di lapangan. Demikian pula dengan Ketua Bawaslu RI, Muhammad, menekankan pentingnya kebiasaan membaca dan memahami aturan regulasi pemilu bagi penyelenggara. Penyelenggara yang memahami aturan secara jelas akan mempermudah tugas-tugasnya di lapangan. Jangan ada lagi gesekan antara KPU dan Bawaslu di tingkat bawah. Sesungguhnya KPU dan Bawaslu lahir dari rahim yang sama. Sementara Anna dalam paparannya, mengingatkan pentingnya taat aturan. Tak ada toleransi bagi penyelenggara yang ‘bermain-main’ dengan aturan.

Pada kesempatan hari kedua rakoord, Hadar mengisi materi tentang pemutakhiran data pemilih di Sulbar menjelang Pilgub. Dimana dalam materi itu dipaparkan beberapa persoalan  yang terjadi, baik di lapangan atau pada aplikasi sidalih. Rakoord diakhiri dengan beberapa pemaparan dari komisioner KPU Sulbar. (shw/ibr)

Last Updated ( Selasa, 06 September 2016 01:48 )
 
  • «
  •  Start 
  •  Prev 
  •  1 
  •  2 
  •  3 
  •  4 
  •  5 
  •  6 
  •  7 
  •  8 
  •  9 
  •  10 
  •  Next 
  •  End 
  • »
Page 1 of 19

Sedang Online

We have 2 guests online

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini122
mod_vvisit_counterMinggu ini1084
mod_vvisit_counterBulan ini16624
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung311249

Link Terkait


Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Barat
Jl. Soekarno-Hatta No.27 Mamuju - Sulawesi Barat.
Telp: 0426-21482 Fax.: 0426-21482 E-mail: [email protected]
www.kpu-sulbarprov.go.id