Selamat Datang Di Situs Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Barat

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Barat

Sunday 24 September 2017

Sosialisasi Pemilih Pemula di BPP KPU Sulbar

E-mail Print PDF


Kembali Boyang Pintar Pemilu (BPP) KPU Sulbar mengadakan sosialisasi kepemiluan terhadap pemilih pemula. Kali ini yang mendapat kesempatan tersebut adalah mahasiswa dan mahasiswi Akademi Keperawatan Fatima Mamuju (Akper Fatima) dan siswa-siswi SMK Pelayaran Mamuju. Kegiatan yang merupakan salah satu program kerja dari BPP KPU Sulbar ini dipandu oleh para pemandu yang ada. Pada sesi diskusi kepemiluan, dipimpin oleh Nurdin Pasokkori (Komisioner KPU Sulbar) yang didampingi oleh Reyhan Mas’ud (Komisioner KPU Sulbar) dan Abdul Rahman Syam (Sekretaris KPU Sulbar).

Sosialisasi ini diadakan pada Rabu (16/8/2017) di BPP KPU Sulbar. Sengaja pengelola BPP menghadirkan 2 (dua) sekolah sekaligus untuk mengefektifkan hasil sosialisasi. Dari setiap sekolah itu mengirimkan masing-masing siswanya sebanyak 20 (duapuluh) orang. Sosialisasi dimulai dengan registrasi dan dilanjutkan dengan pengantar pengenalan 5D sebagai keyword untuk masuk ke BPP. Adapun urutan kunjungan siswa-siswi ini sesuai dengan rundown dan SOP yang telah disusun oleh pengelola BPP KPU Sulbar sebagai berikut :

  1. Pentingnya Pemilu dan Demokrasi
  2. Penyelenggara Pemilu
  3. Struktur Organisasi KPU
  4. Tahapan Penyelenggaraan Pemilihan Umum
  5. Peserta Pemilu
  6. Denah Pemungutan Suara
  7. Presiden dan Wakil Presiden RI
  8. Sejarah Pemilihan Umum di Indonesia
  9. Sistem Pemilihan Umum di Dunia


Kesembilan materi diatas disajikan dalam bentuk panel dinding informasi (manual) dan digital (di layar televisi/komputer). Siswa-siswi ini kemudian dibagi dalam 2 (dua) kelompok. Kelompok pertama diperkenalkan pada radio streaming yang dimiliki oleh BPP KPU Sulbar, sedang kelompok kedua dipersilakan menyaksikan pemutaran film sejarah pemilu di Indonesia. Kedua kelompok ini kemudian saling bertukar kegiatan sebelum keduanya disatukan lagi dalam ruang diskusi.

Dalam sesi diskusi yang berlangsung lebih kurang dua jam, terjadi tanya jawab yang menggali keingintahuan para siswa ini. Mulai dari mengapa harus ada pemilu hingga apa manfaat pemilu bagi kehidupan kita sehari-hari. Sosialisasi diakhiri dengan kuis berisi pertanyaan seputar materi sosialisasi yang telah diberikan. (shw)

Last Updated ( Jumat, 18 Augustus 2017 01:23 )  

Add comment


Security code
Refresh



Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Barat
Jl. Soekarno-Hatta No.27 Mamuju - Sulawesi Barat.
Telp: 0426-21482 Fax.: 0426-21482 E-mail: info@kpu-sulbarprov.go.id
www.kpu-sulbarprov.go.id