Selamat Datang Di Situs Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Barat

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Barat

Sunday 24 September 2017

SISWA SLTA KUNJUNGI BOYANG PINTAR PEMILU KPU SULBAR

E-mail Print PDF

Sejumlah siswa SLTA mengunjungi boyang pintar pemilu Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Barat. Hal ini merupakan agenda yang telah direncanakan oleh pengelola BPP KPU Sulbar. Kegiatan ini berlangsung di hari Senin tanggal 14 Agustus 2017.

Siswa-siswi yang datang bersama guru pendamping, terlebih dahulu diperkenalkan dengan melihat ruangan Boyang  Pintar Pemilu (BPP), serta melihat data sejarah  perjalanan Pemilihan Umum (Pemilu) di Indonesia hingga Pemilu Tahun 2014.

Siswa-siswi kemudian diajak oleh para tutor memasuki ruangan audivisual menyaksikan pemutaran film dokumentasi pemilu.  Bukan hanya itu, kepada para siswa juga dipandu untuk dikenalkan seputar struktur organisasi KPU, pengenalan terhadap makna pemilu dan demokrasi serta tata cara memilih.


Dalam kunjungan belajar para siswa ini kemudian melihat fasilitas radio streaming KPU Sulbar dan mencoba melakukan on air dengan suatu acara bertema “Mari Memilih dengan Cerdas”. Sebagai acara puncak para siswa berada dalam ruang diskusi. Mereka berdiskusi seputar pemilu dan teknis pelaksanaannya serta apa yang muncul dalam film dokumenter sebagai bahan diskusi.

Agenda belajar lainnya adalah mereka diberi peragaan simulasi memilih sambil mengenalkan alat bantu dalam pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara.  Mengakhiri simulasi dan diskusi, kepada para siswa kemudian diajak untuk lebih gembira dengan melempar kuis berhadiah bagi yang bisa menjawab soal soal pemilu.


Bahwa agenda Boyang Pintar Pemilu dengan menerima kunjungan dari siswa seperti ini tampaknya memang cukup efektif. Karena itu program BPP ini akan terus disosialisasikan kepada  masyarakat umum, kepada mahasiswa, pengurus parpol dan pihak mana saja yang berkepentingan langsung dengan pemilu untuk mengunjungi BPP dan menjadikan BPP ini sebagai sentra belajar khususnya mengenai pemilu dan demokrasi.

Sumber : Sahwan Susetyo pengelola Boyang Pintar Pemilu KPU Sulbar ... (Usman Suhuriah)

Last Updated ( Selasa, 15 Augustus 2017 01:39 )  

Add comment


Security code
Refresh



Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Barat
Jl. Soekarno-Hatta No.27 Mamuju - Sulawesi Barat.
Telp: 0426-21482 Fax.: 0426-21482 E-mail: info@kpu-sulbarprov.go.id
www.kpu-sulbarprov.go.id